GO UP
Image Alt

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo

Kota Solo Raih 3 Penghargaan dalam APPI Award 2023

SURAKARTA (17/07/2023) – Kota Solo telah berpartisipasi dalam program Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) melalui kompetisi Lomba Video Kreatif Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) antar Dinas Pariwisata daerah se-Indonesia, yang telah dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni lalu. Program ini dilaksanakan dalam rangka pemenuhan target pergerakan wisatawan nusantara sebanyak 1,2 – 1,4 milyar perjalanan pada tahun 2023.

 

Pada lomba video kreatif BBWI yang diselenggarakan selama 4 bulan ini telah  diikuti hampir dari 38 Dinas Pariwisata provinsi dan 514 Dinas Pariwisata  Kabupaten/Kota di Indonesia dan menghasilkan pemenang lomba bulanan Provinsi dan Kabupaten/Kota.

 

Dalam program video kreatif BBWI, pemerintah daerah pun disyaratkan untuk mengirimkan video yang berdurasi 1 menit untuk mempromosikan destinasi wisata masing-masing daerah, yang kemudian di unggah melalui channel youtube masing-masing di setiap bulannya.

Kota Solo telah berpartipasi mengirimkan video kreatif BBWI dengan kategori destinasi wisata pada bulan Maret, kategori event daerah pada Bulan April, kategori seni dan budaya pada bulan Mei, dan ketagori kuliner pada bulan Juni. Dari keempat kategori tersebut, Kota Solo berhasil meraih 3 penghargaan sekaligus pada kategori destinasi wisata, seni budaya dan kuliner.

 

Malam Puncak Penghargaan Lomba Video Kreatif BBWI diselenggarakan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona pada tanggal 17 Juli 2023 dan penyerahan penghargaan diserahkan oleh Bapak Sandiaga S. Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

 

Program ini juga merupakan langkah awal dan diharapkan pemerintah daerah ke depannya dapat membentuk tim kreatif pemasaran pariwisata (Tiki Peta) yang beranggotakan anak muda kreatif termasuk di dalamnya fotografer, videografer, desainer grafis, dan pengelola media sosial untuk terus berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi dalam bidang pemasaran pariwisata, khususnya melalui pemasaran secara digital.

Leave a Reply