Sekilas Tentang Solo

Sekilas Tentang Solo

Sebelum berkunjung ke Solo, beberapa informasi tentang Kota Solo

Di mana Solo berada?

Kota Solo berlokasi di Indonesia tepatnya di Provinsi Jawa Tengah, dari Jakarta atau Bali dapat ditempuh selama satu jam, dari Kuala Lumpur selama dua jam, dari Singapura selama satu setengah jam melalui perjalanan udara atau bisa juga melalui perjalanan darat via kereta api selama 8 jam dari Jakarta. Akses ke Solo dapat dijangkau dari Yogyakarta selama 1 jam dengan kereta api.

Konektivitas

Solo memiliki gerbang internasional dan dapat diakses langsung dari Kuala Lumpur dan Singapura. Selain itu dapat pula diakses langsung dari Jakarta atau Bali melalui Yogyakarta.

Penduduk

Populasi penduduk Kota Solo kira-kira 500.000 jiwa di mana penduduk Solo dikenal kental dengan budaya Jawa dan menjadi salah satu pusat pengembangan tradisi Jawa. Kejayaan Solo berlangsung sejak abad ke-19 mendorong perkembangan sastra Jawa, kuliner, fashion, arsitektur dan berbagai budaya lainnya.

Bahasa

Bahasa yang digunakan di Kota Solo menggunakan dialek Jawa Mataraman (Jawa Tengah). Dialek ini juga digunakan di wilayah Yogyakarta, Magelang, Semarang, Pati, Madiun hingga sebagian wilayah Kediri. Namun dialek wilayah Solo terkenal dengan dialek yang lebih halus dalam penggunaan kata-kata di percakapan sehari-hari. Bahasa resmi yang digunakan di Kota Solo menggunakan bahasa Indonesia.

Iklim

Solo berada di wilayah iklim ekuatorial, hangat dan lembab sepanjang tahun. Temperatur udara rata-rata 28 oC dengan curah hujan dengan intensitas cukup selama musim hujan pada bulan Desember hingga Maret.

Kontak Kami

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta
Jl. Brigjen Slamet Riyadi No. 275 Surakarta
Jawa Tengah Java - Indonesia

  • Telp: +62 271 711435

Terhubung dengan Kami

Kami ada di Sosial Media. Ikuti kami dan dapatkan informasi tentang pariwisata di Kota Solo dan sekitarnya.