GO UP

Solo Menari 2022 Digelar secara Hybrid

Solo, 28/4/2022 – Pemerintah Kota Surakarta menyelenggarakan kembali Solo Menari Tahun 2022 secara hybrid pada Jumat, 29 April 2022 dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB. Solo Menari 2022 digelar di lima lokasi, yaitu Lobby Utama Solo Square Kota Surakarta; Depan Rumah Dinas Walikota Surakarta (Loji Gandrung); Area Pasar Antik Ngarsopuro; Area parkir McDonald’s Slamet Riyadi; dan Halaman Balaikota Surakarta. Penonton bukan hanya menyaksikan langsung acara di lima lokasi tersebut, tetapi bisa juga menonton secara virtual melalui kanal YouTube Disbudpar Surakarta , Pariwisata Solo dan Gibran TV.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta, Drs. Aryo Widyandoko, M.H mengatakan, “Solo Menari merupakan acara yang digelar untuk memperingati Hari Tari Dunia sekaligus memperkuat citra Kota Solo sebagai pusat budaya Jawa sekaligus daya tarik pawisata.”

Tema Solo Menari 2022 yaitu Gatra Manggala Muda yang berarti para pemimpin muda membangun kota. Acara ini diharapkan menjadi ajang bersatunya para pemimpin muda di Kota Solo dalam semangat membangun kota.

Solo Menari 2022 dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta, Drs. Aryo Widyandoko, M.H di Lobby Utama Solo Square pada pukul 08.00 WIB. Pembukaan acara ditandai dengan pemberian irah-irahan kepada salah satu penari.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno beserta tiga tokoh muda Kota Solo, yaitu Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka; KGPAA Mangkunagoro X; dan Putra Mahkota Keraton Kasunanan Surakarta menutup acara Solo Menari 2022 di Halaman Balaikota Surakarta pukul 17.15 WIB dengan meluncurkan anak panah ke atas sebagai tanda penutupan Solo Menari 2022.

Solo Menari 2022 mengangkat Wayang Orang sebagai salah satu ikon Kota Surakarta sebagai pertunjukan dalam Solo Menari yang menampilkan Banjaran Parikesit dengan konsep pertunjukan wayang plataran. Pertunjukan ini akan digarap secara kolosal dan kekinian oleh Diwasa Diranagara sebagai sutradara.

Solo Menari 2022 didukung oleh lebih dari 500 orang yang terdiri dari penari, pengrawit, perias, pelatih tari, koreografer, sutradara, artistic director, penata iringan, dan pekerja seni. Pendukung Solo Menari 2022 antara lain Wayang Orang Sriwedari, Wayang Orang RRI Surakarta, Komunitas SBG, Sanggar Semarak Candrakirana, Sanggar Gedhong Kuning, Matrataya, Sanggar Adanu Jumantoro, Komunitas Senjasri, Sanggar Metta Budaya, Sanggar Sarwi Retno Budoyo, dan Sanggar Soeryo Soemirat.

Apakah anda puas dengan konten ini ?
+1
1
+1
0
+1
1
+1
1