GO UP

Perkuat Sebagai Kota Budaya, Kota Solo Gelar Festival Kebudayaan Jawa 2021

(10/10/2021) Kota Bengawan juga kota lahirnya budaya. Dalam upaya memperkuat karakter Kota Solo sebagai kota budaya, Dinas Kebudayaan Kota Surakarta menggelar pergelaran Festival Kebudayaan Jawa yang berlangsung pada 9-10 Oktober 2021 di nDalem Purwohamijayan, Baluwarti, Surakarta. Kegiatan ini bertujuan mewadahi dan melestarikan nilai-nilai luhur adat Jawa yang adiluhung bagi para penerus bangsa.

 

“Mengenalkan dan mempertahankan budaya itu penting, supaya manusia bisa mengenal dirinya sendiri dan lebih saling menghargai, dan sebagainya.”
― Maisie Junardy, Man’s Defender

 

“Orang Jawa itu dari lahir, menjalani hidup hingga dipanggil menghadap Tuhan semua ada upacaranya. Namun seiring perkembangan zaman upacara-upacara adat tersebut dilewati dan lama-lama hilang. Jangan sampai adat tradisi ini tergerus oleh budaya asing yang masif sekali terjadi pada generasi ini. Bagaimana Solo sebagai centernya budaya Jawa mengemas budaya Jawa sebagai salah satu promosi wisata dan diplomasi budaya. DNA Indonesia itu budaya, bagaimana kita bisa berdikari secara politik, mandiri secara ekonomi dan karakter berbudaya.” tutur Kabid Pelestarian Budaya Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, Is Purwaningsih.

 

 

Serangkaian acara kebudayaan digelar dalam kegiatan tersebut, seperti prosesi tata cara peragaan panggih pengantin, tedak sinten, tingkeban, mitoni, dan procotan. Selain itu, peragaan pakaian adat Jawa dan prajurit keraton, workshop dan lomba tata rias pengantin adat Jawa, pameran keris, pawukon, perabot pengantin, jamu, januran, lamaran, batik, sajen dan sesaji.

Kegiatan kebudayaan ini juga disiarkan secara online agar dapat dinikmati oleh berbagai penikmat budaya dimanapun berada melalui YouTube channel: Dinas Kebudayaan Surakarta di https://www.youtube.com/watch?v=UoZ97dtN3fk

Apakah anda puas dengan konten ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0