GO UP

JALAN-JALAN DENGAN BUS TINGKAT WERKUDARA

Bus Tingkat Werkudara sudah sejak lama menjadi ikon Kota Solo. Ini merupakan bus tingkat wisata pertama di Indonesia. Ciri khas bus wisata bus tingkat Werkudara adalah warna merah dengan lukisan tokoh wayang Werkudara di bagian depan.

Di belakangnya tampak foto ikonik tempat wisata di Solo, seperti Keraton Kasunanan, Pura Mangkunegaran dan Pasar Gede.

Bus ini dinamai Werkudara, sosok tokoh pewayangan yang besar dan kuat, sesuai dengan bentuk bus yang memang tinggi besar. Tinggi Bus Werkudara 4,5 meter, lebar 2,5 meter, sedangkan beratnya 12 ton.

 

BUS Werkudara membawa wisatawan keliling Kota Solo hanya Sabtu dan Minggu plus hari libur nasional. Untuk menjajal sensasi menumpang bus tingkat, pengunjung bisa langsung membeli tiket ke Kantor Dinas Perhubungan Kota Solo di belakang Stadion Manahan atau di Jl. Mentri Supeno No. 7 Kota Solo. Jam operasionalnya mulai pukul 09.00 – 15.00. Tiket dibanderol Rp20.000 per orang. Disarankan untuk memesan sehari sebelumnya agar tidak kehabisan.

Rute bus wisata Werkudara ini adalah Kantor Dishubkominfo, perempatan Manahan (Jl. Ahmad Yani), pertigaan Kerten (Jl. Slamet Riyadi), Sriwedari – Gladag – Balai kota – Pasar Gede – Bank Indonesia (berhenti sejenak untuk foto-foto) – perempatan Panggung (Jl. kolonel Sutarto) – Tugu Cembengan (Jl. Ir. Sutami) – Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ). Di TSTJ, bus akan berhenti sebentar agar penumpang yang sebelumnya duduk di dek bawah bisa bergantian duduk di dek atas dan sebaliknya.

Untuk rute pulangnya dimulai dari Kebun Binatang Jurug (Jl. Ir. Sutami) – Jl. kolonel Sutarto – Jl. Urip Sumoharjo – Jl. Jend Sudirman – Gladag – PGS – Sangkrah – Jl. kapten Mulyadi – Baturono – Jl. veteran – Tipes – Jl. bhayangkara – Baron – Jl. Dr. radjiman – Jl. perintis kemerdekaan – Purwosari – Jl. Slamet Riyadi – Kerten – Jl. ahmad Yani – Kantor Dinas Perhubungan, Manahan.

TRANSPORTASI