GO UP

Candi Borobudur

Borobudur adalah candi Budha terbesar pada masa abad ke-19, memiliki luas kira-kira 123 x 123 meter dam telah dinobatkan menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Candi Borobudur berlokasi di Magelang, sekitar 2,5 jam dari Kota Solo. Berbentuk seperti piramida dengan tinggi kira-kira 29 meter dan terdiri lebih dari 500 patung Budha dan tersusun lebih dari 2 juta batu.

Candi Borobudur dibangun antara abad ke-8 dan ke-9 atau 1200 tahun yang lalu, pada masa kejayaan Dinasti Syailendra. Pembangunan candi diperkirakan memakan waktu 75 tahun dan berhasil diselesaikan pada masa pemerintahan Samaratungga pada tahun 825 Masehi. Setelah beberapa abad keberadaan Borobudur sempat tak tampak di bawah tanah tertutup abu vulkanik letusan Gunung Merapi. Pada tahun 1814 Sir Thoma Stamford Raffles akhirnya menemukan keberadaan Candi Borobudur.

Di lihat dari atas Candi Borobudur terlihat berbentuk mandala raksasa, secara simbolis menggambarkan perjalanan manusia dari samsara menuju nirwana. Relief Candi Borobudur secara sempurna merefleksikan inti ajaran Budha di mana dunia dibagi menjadi 3 tingkatan hidup yaitu Kamadhatu (dunia keinginan), Rupadhatu (dunia nyata) dan Arupadhatu (dunia roh). Tingkat paling bawah, Kamadhatu, terdiri dari 160 relief yang menggambarkan Karmawibhangga Sutra, hukum sebab akibat, ilustrasi tingkah laku manusia. Pada tingkat kedua, berisi relief patung-patung Budha, menggambarkan bahwa manusia dibebaskan dari hal-hal duniawi. Tingkat terakhir adalah Arupadhatu menggambarkan tempat tinggal dewa.

Jadwal dan harga tiket masuk Candi Borobudur :
Setiap hari: 06.00 – 17.00 WIB
Tiket domestik dewasa: Rp 30.000
Tiket domestik anak-anak: Rp 15.000
Tiket turis dewasa: USD 20
Tiket turis anak-anak (<6 tahun): USD 10

RELATED POSTS

LOKASI