Skip to main content
Puro Mangkunegaran

Puro Mangkunegaran

 

Selain Keraton Kasunanan, Kota Solo juga memiliki istana yang indah dan megah yaitu Pura Mangkunegaran. Nama Pura berasal dari bahasa Jawa yang artinya istana atau kerajaan. Pura Mangkunegaran menjadi pusat budaya dan seni di Kota Solo. Berbagai koleksi berharga yang ada di dalam istana dipercaya berasal dari Kerajaan Mataram dan Majapahit.

Pura Mangkunegaran didirikan pada tahun 1757 melalui sejarah yang cukup panjang. Setelah kematian Amangkurat IV dari Kerajaan Mataram, kerajaan ini selalu diintervensi oleh penjajah Belanda dan berhasil menempatkan Adipati Anom (PB II) sebagai pewaris kerajaan padahal Pangeran Arya Mangkunegaran adalah pewaris sah tetapi menentang Belanda sehingga memunculkan perang saudara. Raden Mas Said, anak Arya Mangkunegaran melakukan perlawanan terhadap Belanda hingga akhirnya melalui perjanjian Giyanti, Raden Mas Said mendapat bagian wilayah Surakarta bagian utara dan berkedudukan di Pura Mangkunegaran dengan gelar Mangkunegaran I.

 

Puro Mangkunegaran Solo

 

Selama berkunjung ke Pura Mangkunegaran, Anda akan ditemani seorang tour guide. Begitu memasuki area Puro Mangkunegaran, Anda akan melihat hamparan halaman yang luas dan Anda akan menemukan bangunan bergaya Eropa bertuliskan Kavalerie-Artillerie, yang menjadi tempat pasukan berkuda Mangkunegaran. Begitu memasuki pintu gerbang Anda langsung disuguhkan arsitektur pendopo bergaya Jawa-Eropa. Pendopo biasa digunakan untuk pertunjukkan tari dan wayangyang biasanya diiringi dengan satu set gamelan bernama Kyai Kanyut Mesem. Setelah melewati pendopo, pengunjung akan menuju Pringgitan, tempat di mana keluarga kerajaan tinggal dan Rekso Pustoko, tempat koleksi benda-benda kerajaan seperti koleksi topeng, kereta dan berbagai koleksi lainnya.

 

Puro Mangkunegaran Solo

 

Salah satu paket wisata yang ditawarkan dan menjadi favorit turis asing adalah Mangkunegaran Royal Dinner. Rasanya sayang jika Anda berkunjung ke Pura Mangkunegaran namun tidak menikmati dinner di istana ini. Dengan membeli tiket paket wisata ini Anda akan merasakan menjadi tamu sehari dan bisa menikmati hidangan khas Keraton Mangkunegaran seperti garang asem bumbung, sambel goreng bledak, pecel pitik, lodoh pindang dan puding tape sebagai makanan penutup. Anda juga akan disuguhkan tarian klasik keraton, berfoto bersama raja Mangkunegaran dan mendapat souvenir dari Raja Mangkunegaran. Paket wisata Mangkunegaran Royal Dinner diadakan sesuai dengan permintaan pengunjung. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenaik Mangkunegaran Royal Dinner, silakan datang dan menghubungi divisi pemasaran Mangkunegaran Royal Dinner di Pura Mangkunegaran.

Informasi jam buka Pura Mangkunegaran:
Senin – Jumat: 08.30 – 14.00
Minggu: 08.30 – 13.00

Harga tiket domestik: Rp 10.000,00
Harga tiket turis: Rp 20.000,00