Skip to main content
Pesona Tujuh Gunung dari Kaki Merapi

Pesona Tujuh Gunung dari Kaki Merapi

Oemah Bamboo Merapi adalah destinasi di kaki Gunung Merapi yang populer sejak momentum Lebaran 2016. Lokasinya tepat berada di sebelah Objek Wisata New Selo, yang menjadi pintu gerbang pendakian gunung berapi teraktif di Indonesia itu. Dari Kota Solo, perjalanan memakan waktu dua jam melintasi Jalur Solo-Selo-Borobudur. Sepanjang perjalanan, Anda bakal menjumpai hamparan perkebunan sayur, seperti kol, sawi, brokoli, dan cabai merah, serta sesekali tembakau. Oemah Bamboo memiliki belasan instalasi bambu yang menarik. Tiket masuk dipatok Rp10.000 per orang dan Anda bebas mengeksplor setiap bagian serta berfoto di antaranya.

 

Gunung Sindoro - Sumbing - Slamet tampak dari Omah Bambu
Gunung Sindoro - Sumbing - Slamet tampak dari Omah Bambu

 

Ada menara, lorong, atap bar terbuka, gazebo, dan gardu pandang. Dari deretan instalasi bambu, pengunjung paling memfavoritkan menara setinggi enam meter. Untuk mencapai puncak paling tinggi, Anda perlu naik empat tingkat. Puncak menara hanya berkapasitas empat orang sehingga perlu mengantri sebelum naik ke lantai tertinggi. Tapi, tidak perlu khawatir. Guna menjaga keamanan, pengelola membentangkan jaring di antara menara jika ada pengunjung yang terjatuh.

 

Berfoto dengan latar belakang Gunung Merbabu yang hijau
Berfoto dengan latar belakang Gunung Merbabu yang hijau

 

Momen paling pas untuk berkunjung ke Oemah Bamboo adalah saat pagi dan senja hari. Kala blue hour, Anda bisa menikmati kemegahan lukisan Tuhan dari ketinggian. Terlebih saat cerah, pengunjung bisa menyaksikan panorama tujuh gunung, mulai dari yang terdekat, Merapi-Merbabu. Kemudian, Gunung Lawu, Gunung Sundoro-Sumbing, serta Gunung Telomoyo dan Gunung Slamet.

Sayangnya, Anda harus berlomba dengan hari jika ingin menikmati pesona itu. Saat cuaca sedang tak baik, kabut putih akan mengepung sekeliling Oemah Bamboo. Terkadang, hujan pun turun menyembunyikan pesonanya.

 

Senja di Omah Bambu, Merapi
Senja di Omah Bambu

 

Pada akhir pekan, selain bisa menatap indahnya alam di tempat ini, Anda juga bisa mencicip kopi arabica liar asal Desa Lencoh yang sudah tersohor. Bayangkan, mencecap kehangatan kopi di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Lewat website resmi mereka, pengelola menyebut Oemah Bamboo Merapi adalah kolaborasi antara kopi, sahabat dan alam. Mereka berkeinginan menyediakan tempat ngopi yang beda.

“Dimana Anda bisa menikmati secangkir kopi hangat berlatar belakang gunung yang fenomenal di Indonesia. Anda bisa nyaman berdiskusi dengan sahabat, berbicara tentang cinta, cita-cita, dan masa depan. Anda juga bisa mendengarkan kicauan burung liar yang terbang bebas tanpa terbelenggu, menghirup udara segar yang jauh dari kontaminasi.”