Skip to main content
Pasar Gedhe Harjonagoro Solo

Pasar Gedhe Harjonagoro

 

Pasar Gedhe Harjonagoro merupakan pasar tradisional berlokasi di pusat Kota Solo tepatnya dekat dengan kampung China yang dikenal dengan daerah Balong dan Wihara Avalokitesvara. Nama Gedhe diberikan karena pasar ini memiliki atap yang besar. Dibangun oleh seorang arsitek terkenal dari Belanda bernama Thomas Karsten. Gaya arsitektur pasar tradisional merupakan campuran gaya Belanda dan tradisional Jawa. Pasar Gedhe terdiri dari dua bangunan berlantai dua yang dipisahkan oleh jalan Sudirman. Meskipun mengalami beberapa kali renovasi, arsitektur asli pasar Gedhe tetap dipertahankan.

 

Wisata Pasar Gede Solo

 

Pasar Gedhe ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya di Surakarta setelah Pasar Klewer. Pasar ini menjual berbagai barang kebutuhan sehari-hari seperti sayur dan buah-buahan. Yang lebih menarik Pasar Gedhe juga menjual beraneka ragam jajanan pasar khas Solo seperti risol, pastel, lumpia, cabuk rambak, klepon, grontol, es dawet telasih dan jamu.

 

Wisata Pasar Gede Solo

 

Sampai sekarang pasar tradisional ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dan orang Solo untuk sekedar membeli kebutuhan sehari-hari. Jika berkunjung ke Solo jangan lupa ke Pasar Gedhe, pasar yang mempunyai banyak nilai sejarah. Beberapa event tahunan juga digelar di Pasar Gede salah satunya Grebeg Sudiroprajan memperingati tahun baru China.

 

Wisata Pasar Gede Solo