Skip to main content
Mengintip Pesona Waduk Gajah Mungkur dari Ketinggian

Mengintip Pesona Waduk Gajah Mungkur dari Ketinggian

Kota Gaplek Wonogiri menyimpan sejuta destinasi yang seolah tak habis untuk ditelusuri. Salah satunya di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri. Di desa ini terdapat tiga bukit yang menyajikan pesona indah tak terlupakan. Utamanya, Anda bakal dibikin jatuh cinta dengan keindahan pemandangan Waduk Gajah Mungkur dari ketinggian. Berikutnya, hamparan sabuk hijau yang mengelilingi beserta jajaran permukiman penduduk. Jangan lewatkan pula untuk sejenak menelan ludah berkat lapisan perbukitan kars yang memanjakan mata.

 

Wisata Soko Gunung, Wonogiri
Menikmati Pemandangan Waduk Gajah Mungkur dan Kota Wonogiri dari Bukit Soko Gunung

 

Rute menuju ke lokasi ini sangatlah mudah. Dari Kota Wonogiri, Anda hanya perlu mengikuti papan petunjuk ke arah Waduk Gajah Mungkur atau Kecamatan Wuryantoro. Setelah jembatan waduk, belok ke kanan di gang pertama. Dari belokan ini, kendaraan akan terus bertemu rute curam menanjak, berkelok, dan sempit. Nah, titik pertama yang sebaiknya dikunjungi adalah Bukit Tertinggi Soko Gunung yang berada pada ketinggian 780 meter di atas permukaan air laut (mdpl). Di Soko Gunung, setidaknya ada tiga dek pengamatan yang bisa jadi spot untuk berburu foto terbaik atau berswafoto. Tapi sebelum sampai ke dek-dek ini, pengunjung harus berkeringat untuk trekking singkat di jalur yang sedikit menanjak. Di dek pengamatan pertama, pengelola menyediakan bangku panjang. Dek berikutnya hanya berupa bebatuan gamping besar. Namun dari sini, Anda sudah disajikan pemandangan waduk dan Kota Wonogiri. Sedangkan di dek ketiga, ada menara pandang dari bambu dan jembatan selfie yang jadi titik favorit pengunjung. Habiskan waktu sekitar 30 menit di tempat ini dan carilah angle terbaik. Setelah puas, maka Anda baru boleh menuju ke bukit berikutnya yakni Bukit Joglo.

 

Bukit Joglo Wonogiri
Bukit Joglo atau Bukit Gantole

 

Bukit ini lebih rendah dari Puncak Soko Gunung. Namun tempatnya yang lapang membuat pemandangan Waduk Gajah Mungkur jauh lebih terlihat. Lokasi ini juga kerap disebut sebagai Bukit Gantole, karena masih menjadi titik pelepasan ramp gantole yang aktif beroperasi. Pada bulan-bulan tertentu saat angin bertiup tak terlalu kencang, Anda bisa menyaksikan sejumlah atlit berpacu dengan angin mengendalikan gantole. Andapun boleh menjajal tandem jika punya kocek berlebih. Sejumlah fasilitas yang ada di Bukit Joglo di antaranya adalah kantin, mushala, dan gazebo.

 

Watu Cenik Gajah Mungkur
Pemandangan Waduk Gajah Mungkur dari Watu Cenik

 

Jika sudah tandas menilik keindahannya, segera bergegas ke destinasi berikutnya, yakni Puncak Watu Cenik. Puncak Watu Cenik berada di sekitar pelepasan ramp gantole yang pertama. Di area tersebut juga terdapat makam dan petilasan leluhur desa.

 

Selfie spot Watu Cenik
Berfoto di lokasi letter board Watu Cenik

 

Di Watu Cenik yang menjadi puncak terpendek, Anda bisa menyaksikan pesona waduk lebih dekat. Betapa eloknya waduk yang membendung sungai terpanjang di Pulau Jawa itu berpadu apik dengan kepungan perbukitan kapur Gunung Sewu. DI permukaan waduk, Anda juga bisa melongok deretan karamba ikan milik nelayan. Letter board raksasa bertuliskan Watu Cenik boleh jadi lokasi Anda mengabadikan gambar. Jangan terburu beranjak. Berburulah sunset dari titik ini dan nikmati bius senja yang perlahan tenggelam di balik perbukitan.