Skip to main content
museum keris 1

Famtrip Jateng On The Spot 2019 di Museum Keris Nusantara

Museum Keris Nusantara merupakan salah satu dari sekian banyak Destinasi Wisata Sejarah yang ada di Kota Solo. Lokasi yang berada di jantung Kota Solo tepatnya di Jalan Bhayangkara No. 2 (Selatan Stadion Sriwedari) sehingga Museum Keris Nusantara secara aksesbilitas mudah untuk dikunjungi. Museum ini dibangun pada tahun 2013 dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 9 Agustus 2017. Museum ini juga dibangun atas ide dan gagasan dari Presiden Jokowi sewaktu masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.
Ruang Museum Keris Nusantara terdiri dari 5 lantai, yaitu: Lantai 1 Ruang Wedharing Wacana, Lantai 2 Ruang Purwaning Wacana, Lantai 3 Ruang Cipta Adiluhung, Lantai 4 Ruang Kreativitas dan Storage dan terakhir Lantai 5 Ruang Esthing Lampah yang merupakan puncak dari Museum.
Museum Keris Nusantara memiliki ribuan koleksi pusaka-pusaka dari berbagai era yang bervariasi. Dari ribuan koleksi itu, beberapa diantaranya menjadi koleksi yang paling bernilai atau fantastis. Beberapa diantaranya yang menjadi Koleksi Masterpiece di Museum Keris Nusantara, yaitu (1) Koleksi Keris Presiden Jokowi, keris orang nomor satu di Indonesia ini bernama Kyai Tenggara, keris ini merupakan jenis Keris Luk 5 Tinatah Emas, Luk 5 ini mencerminkan Pancasila yang merupakan Falsafah Bangsa Indonesia. (2) Keris Kyai Brojoseno, keris ini dibuat saat era Pakubuwono IV, saking istimewanya keris ini salah satu yang menjadi buruan kolektor karena keris ini termasuk katagori Keris Langka, berdasarkan legenda keris ini disebut-sebut bisa menembus baju zirah bangsa Eropa. (3) Keris Kanjeng Indroputro, keris ini dibuat pada era Mataram sebelum pecah Solo dan Yogyakarta, selain emas keris ini juga memiliki sejumlah berlian asli yang bernilai fantastis sebagai hiasan.
.
Banyaknya peninggalan sejarah yang berada di Kota Solo menjadikan Kota Solo sangat layak untuk dikunjungi sebagai Destinasi Wisata Sejarah. Sehingga Museum Keris Nusantara menjadi destinasi wajib untuk Famtrip Jateng On The Spot 2019 kali ini.