Warisan Dunia di Kota Solo

Warisan Dunia di Kota Solo

Keris

Keris merupakan salah satu warisan budaya dunia yang ada di Solo. Keris ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia pada tahun 2005. Kota Solo memiliki peran penting dalam perkembangan keris di negara ini, mulai dari era kerajaan, keris Pengging Jenggala Tunjungseta hingga jaman era Keraton Surakarta. Sampai sekarang Solo memiliki pusat pembuatan keris yaitu di Besalen. Di Besalen kita bisa melihat dan belajar langsung cara membuat keris dari ahlinya. Bahkan Anda bisa mendalami cerita di balik keris, filosofi dan kekuatan yang ada di dalam keris.

Batik

warisan budaya di Solo selain keris adalah batik. Batik dideklarasikan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia pada 2 Oktober 2009. Segala hal yang berkaitan dengan batik ada di Solo, mulai dari desain, proses pembuatan, pengemasan hingga proses produksi hingga menjadi baju atau produk lainnya.

Sangiran

Sangiran merupakan situs arkeologi yang yang diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia sejak tahun 1996. Sangiran memiliki banyak sekali misteri yang menarik untuk diungkap. Di situs ini banyak ditemukan sisa-sisa kehidupan manusia purba, tentang habitat, cara hidup, hewan yang hidup pada masa itu dan landsekap yang ada pada jaman 2 juta tahun yang lalu.Hal yang menarik adalah berdasarkan penelitian tempat ini merupakan tempat ditemukannya manusia purba Homo erectus, di mana lebih dari 100 manusia purba ini mengalami evolusi tidak kurang dari satu juta tahun. Jumlah fosil manusia purba ini merepresentasikan 65% fosil manusia purba yang ditemukan di Indonesia dan merepresentasikan 50% dari jumlah fosil manusia purba sejenis ditemukan di dunia.

Wayang

Wayang merupakan salah satu warisan budaya yang dimiliki Solo. Pertunjukkan wayang dideklarasikan oleh UNESCO sebagai warisan budaya sejak 7 November 2003 sebagai karya budaya bernilai tinggi dan mengagumkan dalam bidang cerita narasi Salah satu pertunjukan wayang yang sudah ada sejak dulu, seratus tahun yang lalu adalah Wayang Wong Sriwedari. Selain menjadi atraksi yang menarik untuk ditonton di depan panggung, Wayang Wong Sriwedari juga menarik dipelajari dari balik panggung. Di sini penonton dapat terlibat dialog langsung dengan para pemain wayang wong setelah pertunjukkan sehingga dapat mengetahui lebih banyak tentang wayang dan cerita yang dimainkan. Kunjungan ke Solo menjadi semakin lengkap jika Anda juga berkunjung dan melihat proses pembuatan wayang kulit dari beberapa daerah sekitar Soloraya misalnya Desa Sidowarno, Klaten dan di Museum Wayang di Wuryantoro, Wonogiri.

Borobudur

Borobudur adalah salah satu monumen yang berbeda dengan monumen-monumen lainnya. Borobudur ditunjuk menjadi warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1991. Borobudur menjadi salah satu warisan budaya dunia yang berharga. Sebuah monumen Mahayana Budha yang luas berbentuk piramida-mandala dibangun di pusat tanah Jawa sekitar 800 Masehi oleh Dinasti Syailendra dan sempat terbengkalai hingga akhirnya selesai. Luasnya meliputi satu setengah hektar dengan kubah di tengah lahan dengan tinggi hampir 35 meter di atas tanah (Sumber: PT. Taman Wisata Candi).

Prambanan

Candi Prambanan ditunjuk menjadi warisan budaya oleh UNESCO pada tahun 1991. Dibangun pada abad ke-10, sebuah candi kompleks terbesar di Indonesia yang didedikasikan untuk Dewa Siwa. Naik ke atas pusat lahan berbentuk kotak terakhir terdapat tiga candi yang dihiasi dengan relief yang menggambarkan cerita epos Ramayana, yang didedikasikan untuk tiga dewa besar Hindhu (Siwa, Wisnu dan Brahma) serta tiga candi didedikasikan untuk hewan yang melayani ketiga dewa tersebut. (Sumber: UNESCO).

Kontak Kami

Dinas Pariwisata Kota Surakarta
Jl. Brigjen Slamet Riyadi No. 275 Surakarta
Jawa Tengah Java - Indonesia

  • Telp: +62 271 711435

Terhubung dengan Kami

Kami ada di Sosial Media. Ikuti kami dan dapatkan informasi tentang pariwisata di Kota Solo dan sekitarnya.