GO UP
Image Alt

VISI DAN MISI DINAS PARIWISATA

Visi pembangunan dalam RPJMD Tahun 2016-2021 merupakan visi Walikota dan Wakil Walikota yang disampaikan pada saat proses pemilihan Kepala Daerah. Visi tersebut adalah sebagai berikut:

 

“TERWUJUDNYA SURAKARTA SEBAGAI KOTA BUDAYA, MANDIRI, MAJU, DAN SEJAHTERA”

 

Surakarta sebagai Kota Budaya mengandung maksud bahwa pengembangan Kota Surakarta memiliki wawasanbudaya dalam arti luas, dimana seluruh komponen masyarakat dalam setiap kegiatannya menjunjung tinggi nilai-nilai luhur, berkepribadian, demokratis-rasional, berkeadilan sosial, menjamin Hak Asasi Manusia (HAM) dan menegakkan supremasi hokum dalam tatanan masyarakat yang ber-Ketuhanan Yang MahaEsa

 

Dengan demikian unsure masyarakat dalam pengembangan Kota Surakarta sebagai Kota Budaya memiliki dimensi utama, yaitu secara individu memiliki moral dan perilaku terpuji, budi pekerti luhur dan secara social miliki budaya komunikasi yang baik, kekerabatan yang akrab, menjunjung tinggi kerukunan dan harmoni sosial. Selain itu Kota Budaya juga berarti pengembangan kota terintegrasi dengan upaya melestarikan, mempertahankan dan mengembangkan seni dan budaya yang telah ada serta melindungi cagar – cagar budaya.

 

Misi pembangunan yang ditetapkan dalam mencapai visiyaitu sebagai berikut:

  1. Waras

Mewujudkan masyarakat yang sehat jasmani dan rohani dalam lingkungan hidup yang sehat.

  1. Wasis

Mewujudkan masyarakat yang cerdas, berkualitas, berdaya saing mandiri dan berkarakter menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan melestarikan warisan budaya daerah.

  1. Wareg

Mewujudkan masyarakat yang produktif, mandiri dan berkeadilan mampu memenuhi kebutuhan dasar jasmani dan rohani.

  1. Mapan

Mewujudkan masyarakat yang tertib, aman, damai, berkeadilan, berkarakter dan berdaya saing melalui pembangunan daerah yang akuntabel (sektoral, kewilayahan, dan kependudukan) dan tatakelola pemerintahan yang efektif, bersih, responsif dan melayani.

  1. Papan

Mewujudkan Surakarta nyaman melalui pemenuhan kebutuhan perumahan dan permukiman, pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum perkotaan yang berkeadilan, serta berwawasan kependudukan, lingkungan, dan budaya.

 

Sesuai dengan tugas dan fungsinya, Dinas Pariwisata Kota Surakarta mengarah pada pencapaian unsur visi: TERWUJUDNYA SURAKARTA SEBAGAI KOTA BUDAYA, MANDIRI, MAJU, DAN SEJAHTERA. Adapun misi RPJMD yang terkait dengan tugas dan fungsi Dinas Pariwisata yaitu misi ke-3 yaitu: Wareg dengan tujuan Terwujudnya perekonomian kota yang maju, kuat dan mandiri dan sasaran Berkembangnya ekonomi kreatif dan kota tujuan wisata, seni dan budaya.