Cabuk Rambak

Cabuk Rambak Solo

 

Cabuk rambak menjadi makanan favorit di Kota Solo. Terbuat dari gendar atau ketupat. Perbedaan cabuk rambak dengan ketupat adalah dari jenis bumbu yang digunakan. Bumbu yang digunakan cabuk rambak berasal dari wijen goreng yang dicampur dengan santan, cabe, bawang putih dan gula jawa. Karak biasa menjadi topping bersamaan dengan bumbu wijen. Yang menarik dari makanan ini adalah cabuk rambak dimakan bukan dengan menggunakan garpu atau sendok melainkan stik lidi. Cabuk rambak biasanya dijual di perkampungan atau selama perayaan sekaten di sekita Masjid Agung di Surakarta.

 



Cabuk Rambak
cabuk rambak adal
Sate Kere
Sate kere menjadi sate favorit pecinta kuliner di Kota Solo. Terbuat dari tempe gembus yang disajikan dengan sate jeroan sapi seperti paru, limpa, hati, usus, torpedo, ginjal dan juga babat.
Gudeg Ceker
Di Solo ceker ayam bisa menjadi teman makan gudeg. Ceker ayam yang sudah direbus dengan santan menjadikan gudeg ceker semakin enak dan cekernya memiliki tekstur yang lebut.
Serabi Solo - Culinary
Serabi Solo merupakan makanan seperti pancake tetapi sedikit berbeda dari daerah lain. Bentuk serabi Solo adalah berbentuk oval dengan tekstur krispi disekelilingnya.
Snack
Disinilah, berbagai jenis snack khas Solo dapat kamu beli. Berlokasi di Pasar Jongke (Jalan Radjiman) dan daerah Kalilarangan (selatan Pasar Singosaren).
Roti Kecik
Roti kecika dalah sejenis roti yang berbentuk stick berukuran seiubu jari tangan. Tori kecik terbuat dari tepung beras ketan dan kayu manis sehingga memiliki bau dan rasa yang khas.
Cabuk Rambak Solo
Cabuk rambak menjadi makanan favorit di Kota Solo. Terbuat dari gendar atau ketupat. rambak biasanya dijual di perkampungan atau selama perayaan sekaten di sekita Masjid Agung di Surakarta.
Abon
Abon terbuat dari suwiran daging sapi atau ayam yang dimasak dengan bumbu rempah.
Wedangan Cangkir Blirik
Warung wedangan dengan nuansa Etnik yang menyediakan menu tradisional khas wedangan.
Tahok
Tahok adalah sejenis snack yang berasal dari China. Terdiri dari ampas kedelai ayng dikentalkan dan kemudian disram dengan gula jawa cair dan ekstrak jahe.
Wedang Dongo
Minuman hangat beraroma jahe ini mirip dengan wedang ronde.
Gempol Pleret
Gempol pleret adalah jenis kuliner yang terdiri dari bola-bola berukuran kira-kira 1,5 cm terbuat dari tepung beras, santan dan gula jawa cair.
Dawet Ayu di Pasar Gedhe
Dawet Ayu di Solo berbeda dengan dawet kebanyakan dari berbagai daerah.
Bakmi Toprak
Meskipun namnya sama dengan ketoprak Jakarta tetapi sajian bakmi toprak berbeda dengan ketoprak Jakarta.
Gulai Kambing Goreng
Hanya di Kota Solo Anda bisa menikamti jenis kuliner ini, gulai kambing goreng yang disajikan dengan kuah gulai.

Halaman

Kontak Kami

Dinas Pariwisata Kota Surakarta
Jl. Brigjen Slamet Riyadi No. 275 Surakarta
Jawa Tengah Java - Indonesia

  • Telp: +62 271 711435

Terhubung dengan Kami

Kami ada di Sosial Media. Ikuti kami dan dapatkan informasi tentang pariwisata di Kota Solo dan sekitarnya.