Keris PDF Cetak Surel

keris1Keris adalah salah satu karya nenek moyang bangsa Indoneia dalam khasanah budaya tradisional dalam wujud senjata tajam dengan bentuk khas. Pembuatan karya seni itu menggunakan teknik tempa yang cukup rumit. Kerumitannya terletak pada seni tempa pamor yang indah, yang dulu hampir tidak terjangkau oleh penalaran awam. Ada tanggapan bahwa motif pamor pada bilah keris adalah akibat campur tangan para dewa, makhluk gaib atau kekuatan supranatural yang lain. oleh karena itu di Jawa keris disebut tosan aji atau wesi aji yang berarti besi yang bernilai


atau dimuliakan. Keris adalah benda seni, pengungkapan falsafah, maupun pengejawantahan simbol dan harapan.Lebih dari itu, keris juga menjadi pusaka bagi sebagian rakyat Indonesia, khususnya yang berasal dari Jawa.

Dahulu ilmu pembuatan keris diperlakukan sebagai kawruh ingkang sinengker (ilmu yang harus dirahasiakan). biasanya hanya keluarga dekat para empu serta bangsawan tinggi di Kraton saja yang boleh mempelajarinya.
Agar menjadi karya yang sempurna maka keris harus diberi hulu atau gagang kemudian diberi sarung.
H
ulu keris atau gagang yang menjadi tangkai pemegang ditancapkan pada pesi (poros hulu0 disebut jejeran, deder atau ukiran.
Sarung dari bilah keris disebut warangka. Kebanyakan, sarung keris terbuat dari kayu yang berser at dan bertekstur indah. Selain itu warangka keris ada yang dibuat dari gading, tanduk kerbau, bahkan dari fosil binatang purba. Warangka keris dibuat indah dan mewah. Untuk menyempurnakan bentuk warangka, pada batang warangka dibuatlah sarung logam yang disebut pendhok. Fungsi dari pendok ini adalah sebagai pelindung atau pelapis gandar, yaitu bagian warangka keris yang terbuat dari kayu lunak. Pendhok terbuat dari kuningan, tembaga, perak, atau emas bertatah intan berlian.
Hulu keris, warangka, pendhok beserta semua pelengkap dari keris ini biasa disebut perabot. Keris sebagai peninggalan budaya yang sangat bernilai merupakan suatu hasil karya spiritual di masa lampau. Keris memang telah mengalami pergeseran fungsi dan saat ini hasil karya ini telah menjadi barang yang bernilai tinggi dan pantas untuk dikoleksi. Bahkan tidak sedikit orang yang mencintai serta menekuni ilmu-ilmu dan sejaran perkerisan.
T
erdapat beberapa pengrajin keris di Solo. Di tempat ini peminat dapat memesan keris sesuai keinginan. Para pengrajin ini juga memproduksi macam-macam jenis senjata tajam.
S
elain keris, di sini diperoleh berbagai informasi tentang pengetahuan dan sejarah keris.

 


Sanggar Pengrajin Keris

Bp. Daliman : Sang Meteor Putih, Bonorejo Plesungan Telp. 0816678527
Bp. Yantono : Jl. Renyep 70, Perum RC, Palur - Solo Telp. 08122974223
Bp. Yanto : Ngemplak, Banjarsari - Solo Telp. 081329030024
Bp. Basuki Teguh Yuwono : Dusun Wonosari RT 01/3 Gondangrejo Karanganyar
Bp. Subandi : Desa Banaran, Ngringo, Jaten - Karanganyar/ Ari