Solo Kota Keroncong Dunia

Solo Kota Keroncong

6 Desember 2015 silam, Kota Solo dikukuhkan oleh dewan pemerhati dan penyelamat Seni dan Budaya Indonesia (DPPBSI) Jawa Tengah sebagai kota keroncong dunia. sebelumnya pun telah digelar pagelaran keroncong 25 jam nonstop yang bertempat di pendapa Joglo Sriwedari Solo pada 17 Januari 2013 lalu. Pagelaran tersebut sampai memecahkan rekor MURI, dengan partisipan sebanyak 25 grup keroncong dengan membawakan sebanyak 310 lagu.

memang banyak pementasan musik keroncong yang dapat kita jumpai. Seperti tiap hari jumat malam, kita dapat menyaksikan keroncong joglo yang bertempat di pendapa Srwedari. Acara tersebut gratis dan terbuka untuk umum. Digelar mulai dari pukul 8 hingga 12 malam, Para penonton diajak bernostalgia sekaligus nglaras menikmati alunan musik keroncong. Tak hanya menikmati saja, para penonton juga dapat berpartisipasi dalam sesi jamming. dan bagi penonton yang tertarik belajar memainkan ataupun menyanyi keroncong, bisa hadir setiap hari minggu malam di sekretariat Himpunan Artis Musik keroncong Indonesia (HAMKRI) yang masih berada di deket pendapa Joglo Sriwedari.

Selain di pendapa Sriweari, Kita Juga dapat menjumpai pagelaran musik keroncong Bale di pelataran Balai Soedjatmoko Solo setiap bulannya di hari Jumat pada minggu ketiga, juga digelar pementasan di ketiga tempat tersebut, disekitarnya terdapat wedangan / angkringan dengan kuliner khas Solo yang bisa dibeli oleh penonton. Namun jika kita menonton keroncong Bale di Balai Soedjatmoko, makanan dari angkringan tersebut dapat kita nikmati secara gratis.

Kontak Kami

Dinas Pariwisata Kota Surakarta
Jl. Brigjen Slamet Riyadi No. 275 Surakarta
Jawa Tengah Java - Indonesia

  • Telp: +62 271 711435

Terhubung dengan Kami

Kami ada di Sosial Media. Ikuti kami dan dapatkan informasi tentang pariwisata di Kota Solo dan sekitarnya.