Skip to main content
Pagelaran Praptaning Pratima

Peringati Waisaka Puja Raya 2563 BE, Vihara Dharma Sundara Surakarta Menggelar Pagelaran Praptaning Pratima

Sabtu, (15/5/2019) Vihara Dharma Sundara Surakarta dalam memperingati waisaka puja raya 2563 BE menggelar Pagelaran Seni Budaya Praptaning Pratima. Pertunjukan ini dibawakan oleh Nasa Dance, koreografer Arma Dwipa Setya Dharma, S.Sn dan Oky Bima Reza Afrita, dengan composer musik Anon Suneka, M.SN. Turut hadir wakil walikota Surakarta Ahmad Purnomo dan pemuka agama Budha Y.M. Bhikksu Pannavaro Mahathera, Y.M. Bhikksu Santacitto, Y.M. Bhikksu Sancasillo.

Dalam acara praptaning pratima ini dimaknai dengan Sinar Dharma menembus kabut harapan yang sangat panjang menanti, tatkala Permata Hati “Dharma Sundara” muncul di Solo Raya. Barin yang hening menembus sunyi manakala tahta indra membara. Puja suci menjadi bakti mulia menyambut Praptaning Pratima. Buddhang saranang gacchami.

Dalam acara ini Ahmad Purnomo dalam sambutannya mengajak  masyarakat untuk menghargai dan menjaga pluralitas, toleransi dan kerja sama yang proporsional antar umat beragama, karena inilah yang mampu mengembangkan potensi dan keunggulan kita. “Mari kita tingkatkan pengamalan terhadap ajaran agama dan pendekatan cinta kepada Tuhan, dengan memiliki rasa cinta kepada Tuhan kita akan melakukan ajaran agama dengan ikhlas, dan sepenuh hati, dan ini akan berdampak pada cinta terhadap nilai – nilai yang baik, cinta terhadap sesama, cinta terhadap kedamaian, cinta terhadap lingkungan, dan berjuang bersama sama bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.