Skip to main content
Konferensi Pers bakdan neng solo

Kota Solo Sambut Pemudik dengan Hiburan Opera Kolosal "Sinta Obong"

Senin (27 Mei 2019) Panitia Event Bakdan Neng Solo telah mengelar Konferensi Pers di Taman Budaya Jawa Tengah, dengan awak media untuk menginformasikan bahwa Pemerintah Kota Surakarta Jawa Tengah akan menggelar opera kolosal berjudul "Sinta Obong" untuk memeriahkan Lebaran 2019 tepatnya pada tanggal 7, 8, dan 9 Juni 2019.

Dalam konfrensi tersebut juga di hadiri oleh Bpk. Walikota Surakarta Fx. Hadi Rudiatmo “Ini salah satu cara kami untuk melestarikan seni dan budaya Bangsa Indonesia," Ujar Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo di Solo, beliau juga menyapaikan informasi bahwa kegiatan yang dikemas dalam acara "Bakdan Neng Sala Nonton Opera Ramayana dan Bazar 2019" tersebut akan diselenggarakan selama tiga hari di Benteng Vastenburg mulai dari pukul 17.00 WIB hingga selesai.

Opera Ramayana pada event kali ini sendiri mengisahkan tentang “Sinta Obong” yang merupakan adopsi dari cerita Ramayana. Berbeda dengan pertunjukan tari dan pementasan wayang lainya karya ini menyuguhkan garap tari dialog dan tembang dengan melibatkan 150 seniman (dari mulai anak-anak hingga dewasa) Komposer opera Dedek Wahyudi mengatakan yang membedakan pertunjukan kali ini dengan tahun lalu yaitu untuk tahun ini.

Musik dan naskah dibuat berbeda. Sementara itu, penulis naskah Blacius Subono mengatakan pada cerita tersebut setiap lakon akan digarap secara maksimal, di antaranya Kumbokarno, Rama, Rahwana, dan Sinta.

Rudy, sapaan akrab Wali Kota menyampaikan "Kenapa gratis terus, karena tujuan kami adalah memberikan hiburan kepada pemudik yang sudah lama tidak pernah nonton wayang orang. Dengan demikian harapannya makin lama generasi muda mencintai keseniannya sendiri," katanya.

Rudy juga berharap ke depan akan ada payung hukum, yaitu siapapun Wali Kota yang menjabat, acara tersebut dapat terus terealisasi. Pihaknya menargetkan acara tersebut dapat menarik sekitar 15 ribu penonton.