Skip to main content
Anoman Lahir di Taman Balekambang

Anoman Lahir di Taman Balekambang

Jumat (19 April 2019) Sajian pertunjukan Sendratari Ramayana dipertunjukan di Open Stage Taman Balekambang Surakarta  mengangkat tema lakon Anoman Lahir.

Lakon ini menceritakan asal mula keliharan tokoh pewayangan Ramayana pahlawan bersosok kera yaitu Anoman. Dalam kisahanya Anoman lahir pada masa Triteyuga sebagai putera Anjani, seekor wanara wanita. Dahulu Anjani sebetulnya merupakan bidadari, bernama Punjikastala. Namun karena suatu kutukan, ia terlahir ke dunia sebagai wanara wanita. Kutukan tersebut bisa berakhir apabila ia melahirkan seorang putera yang merupakan penitisan Siwa. Anjani menikah dengan Kesari, seekor wanara perkasa. Bersama dengan Kesari, Anjani melakukan tapa ke hadapan Siwa agar Siwa bersedia menjelma sebagi putera mereka. Karena Siwa terkesan dengan pemujaan yang dilakukan oleh Anjani dan Kesari, ia mengabulkan permohonan mereka dengan turun ke dunia sebagai Anoman.

Sajian Sendratari kali ini di bawakan oleh Sanggar Tari Gedhong Kuning yang dimana di dalamnya di ikuti oleh 75 siswa penari dan 12 guru pengajar. dipertunjukan dengan Konsep Open Stage membuat Pertunjukan sendratari ini lebih syahdu lagi di nikmati saat bersama keluarga , sahabat atau pasangan , event yang di gelar setiap bulannya ini senantiasa mengusung tema yang berbeda-beda setiap Bulannya Dan bisa menjadi list untuk masyarakat menikmati hiburan rakyat yang pastinya menghibur serta memiliki nilai edukasi.